Jumat, 23 Oktober 2015

Lingkungan (Melestarikan Lingkungan)

Lingkungan (Melestarikan Lingkungan)
            Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri). Lingkungan yang bersih adalah dambaan kita semua, oleh karena itu kita harus menjaga kelestariannya supaya tetap lestari dan tidak rusak oleh ulah manusia.
Untuk menjaga lingkungan tetap lestari kita bisa menanam pohon agar lingkungan tetap lestari, atau dengan cara memberikan pembelajaran tentang menjaga lingkungan terhadap masyarakat. Agar tidak terjadi perusakan lingkungan, yang banyak terjadi di Indonesia, seperti pembakaran hutan, memburu hewan sampai pembukaan lahan terbuka hijau. Jika itu dibiarkan terjadi, maka akan berdampak buruk bagi generasi muda penerus kita nanti. Semua yang ada dibumi adalah titipan Allah swt, maka dari itu harus kita jaga kelestariannya agar dapat bermanfaat bagi para generasi muda dan juga untuk simpanan kekayaan bagi negara Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar