Jumat, 23 Oktober 2015

Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam
            Letak geografis yang strategis menunjukkan betapa kaya Indonesia akan sumber daya alam dengan segala flora, fauna dan potensi hidrografis dan deposit sumber alamnya yang melimpah. Sumber daya alam Indonesia berasal dari pertanian, kehutanan, kelautan dan perikanan, peternakan, perkebunan serta pertambangan dan energi. Seperti yang kita liat di video ini bahwa semua yang ada di lingkungan kita dibuat dari sumber daya alam yang kita miliki. Sumber daya alam adalah semua bahan dari alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat berharga bagi kelangsungan kehidupan kita di bumi. Yaitu, matahari, udara, tumbuhan, batu, tanah, air, hewan, mineral dan besi, minyak dan gas, batu bara.
            Sumber daya alam memiliki keterkaitan dengan teknologi, lingkungan dan masyarakat. Jika di teknologi adalah untuk mengelola sumber daya alam tersebut, jika dilihat dari lingkungan ada beberapa macam sumber daya alam di Indonesia, yaitu SDA hayati, SDA non-hayati, SDA terbaharui dan SDA tidak dapat diperbaharui. Dan jika dilihat dari masyarakatnya yaitu bagaimana cara mereka (masyarakat) mengelola sumber daya alam tersebut (SDA) dan bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam (SDA) itu sebaik mungkin dan dipakai hanya seperlunya saja, dalam arti tidak berlebihan penggunaannya. SDA hayati  dari tumbuhan, seperti buah-buahan, dan sayur-sayuran. SDA hayati dari hewan meliputi ikan, daging ayam, udang, dan daging sapi. SDA non-hayati  seperti perabotan rumah tangga, semen, batu bata, peralatan kantor atau sekolah. Sumber daya alam (SDA) memiliki 2 jenis yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Contoh yang dapat diperbaharui seperti tenaga surya, udara, angin, tanah, tumbuhan, air, ombak dan aliran. Sedangkan SDA yang tidak dapat diperharui adalah bahan bakar fosil (minyak bumi), oli, gas alam, batu bara, mineral logam seperti besi, tembaga, alumunium, emas, perak, mineral non logam seperti garam dan fosfat.
            Dari berbagai macam sumber daya alam yang ada di Indonesia memunculkan tindakan-tindakan untuk mengeksploitasinya. Apa yang terjadi dengan sumber daya alam kita? Kita telah menggunakan sumber daya alam pada tingkat yang sangat cepat. Dalam video ditunjukkan bahwa banyak dibukanya lahan terbuka hijau, penebangan pohon , pembakaran hutan tanpa memikirkan dampak yang akan kita rasakan dikemudian hari. Kerusakan hutan, penebangan pohon dapat memicu terjadinya erosi tanah yang menyebabkan hilangnya kesuburan tnah bakan bisa sampai terjadi bencana banjir. Kita telah menggunakan sumber daya alam secara berlebihan yang akan banyak menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan kita dikemudian hari. Dampak yang ditimbulkan akibat berlebihan memanfaatkan SDA yang ada adalah kurangnya daerah resapan air, polusi udara akibat dari penambangan minyak dan gas alam, pencemaran lingkungan akibat faktor limbah pabrik yang dibuang ke aliran sungai dekat pemukiman warga. Karena penebangan pohon, maka daerah resapan air berkurang sehingga bisa terjadi kekeringan dibeberapa daerah yang juga menimbulkan kerugian bagi para petani karena daerah resapan air berkurang. Mencairnya es dikutub utara dan selatan akibat pemanasan global. Dampak tersebut tidak hanya terjadi dilingkungan kita melainkan pada kondisi kesehatan kita karena mengirup asap yang tercemar akibat sisa-sisa penambangan minya bumi dan gas alam, sesak nafas akibat pembakaran hutan.
            Untuk mengurangi dampak tersebut, kita harus melakukan cara agar SDA di Indonesia tidak cepat habis. Yaitu dengan cara membeli barang yang hebat energi, mengemudi dengan baik dan cerdas, kurangi berkendara bbm, gunakan barang yang ramah lingkungan, kurangi pemakaian air panas, selalu gunakan tombol “off” , memanfaatkan sumber energi terbaharukan, menanam pohon, jangan buang sampah sembarangan, hemat pemakaian pendingin ruangan, berhemat, gunakan kembali dan daur ulang, melestarikan lingkungan.

Sumber :https://www.youtube.com/watch?v=FkubfhNo9sk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar