Rabu, 01 Juni 2016

TUGAS MINGGU KE-10



Soal 

1      1. Bagaimana pandangan anda tentang pembangunan daerah secara umum!
2      2. Bagaimana menurut anda mengelola dan memelihara sumber daya alam dan lingkungan hidup!

Jawab :
1    1.Pembangunan Daerah merupakan suatu usaha yang sistematik dari berbagai pelaku, baik umum, pemerintah, swasta, maupun kelompok masyarakat lainnya pada tingkatan yang berbeda untuk menghadapi saling ketergantungan dan keterkaitan aspek fisik, social ekonomi dan aspek lingkungan lainnya sehingga peluang baru untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat daerah dapat ditangkap secara berkelanjutan. Hal ini dapat ditempuh dengan cara:


  • Secara terus menerus menganalisis kondisi dan pelaksanaan pembangunan daerah.
  • Merumuskan tujuan dan kebijakan pembangunan daerah
  • Menyusun konsep straregi bagi pemecahan masalah (solusi)
  • Melaksanakannya dengan menggunakan sumber daya yang tesedia
Pembangunan daerah adalah seluruh pembangunan yang dilaksanakan di daerah dan meliputi aspek kehidupan masyarakat, dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan swadaya gotong royong serta partisipasi masyarakat secara aktif. 

Dalam hubungan ini pembangunan daerah diarahkan untuk memanfaatkan secara maksimal potensi sumber daya alam dan mengembangkan sumber daya manusia dengan meningkatkan kualitas hidup, keterampilan, prakarsa dengan bimbingan dan bantuan dari pemerintah. Dengan demikian ciri pokok pembangunan daerah adalah:
·         Meliputi seluruh aspek kehidupan
·         Dilaksanakan secara terpadu
·         Meningkatkan swadaya masyaraka
2     2. Pengelolaan Sumber daya alam
Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian. Alam mempunyai sifat yang beraneka ragam namun serasi dan seimbang. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan itu. Oleh karena itu, agar pemanfaatannya dapat berkesinambungan, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengan tindakan perlindungan. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harusdilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut:
1)   Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, misalnya: air, tanah, dan udara. 
2)     Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).
3) Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien, serta pendaurulangan (recycling). 
4)    Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.
Memelihara dan melestarikan sumber daya alam 
Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk semakin bertambah. Jumlah penduduk yang semakin banyak itu mengakibatkan kebutuhan hidup manusia bertambah besar. Misalnya, kebutuhan makan, pakaian, perumahan, dan kendaraan. Usaha pemenuhan kebutuhan manusia menuntut perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi pun menjadi maju karena manusia mengembangkan ilmu pengetahuan. Jika tidak dikendalikan penggunaannya maka sumber daya alam akan habis nantinya. Oleh karena itu perlu ada tindakan pelestarian sumber daya alam, adapun usaha-usaha untuk melestarikan alam diantaranya sebagai berikut:
1)      Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul
2)      Menjaga kebersihan lingkungan
3)      Membuat terasering pada pertanian di pegunungan
4)      Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan.
Ada beberapa pengelompokan sumber daya alam yang bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengingatnya diantaranya adalah sumber daya alam berdasarkan jenisnya, sumber daya alam berdasarkan perubahannya, sumberdaya alam berdasarkan kegunaannya.



Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar